Ikhtisar
Program Studi Sarjana Terapan Rekayasa Perangkat Lunak mendapatkan Ijin Penyelenggaraan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia sesuai dengan Kepmen Ristek Dikti Nomor 109/KPT/1/2015 tertanggal 18 November 2015 tentang Pembukaan Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak Program Diploma Empat pada Politeknik Negeri Bengkalis di Kabupaten Bengkalis.
Berdasarkan Kepmen Ristek Dikti tersebut secara resmi Program Studi Sarjana Terapan Rekayasa Perangkat Lunak menerima Mahasiswa Perdana pada Tahun Akademik 2016/2017 sebanyak 32 Orang. Program Studi Sarjana Terapan Rekayasa Perangkat Lunak memiliki dosen tetap dengan kualifikasi pendidikan Strata-2 (S-2) lulusan Dalam dan Luar Negeri.
Visi
Prodi D4 Rekayasa Perangkat Lunak yang telah ditetapkan oleh Direktur Politeknik Negeri Bengkalis melalui surat keputusan No. 2061/PL31/TU/2016 adalah “Menjadi Program Studi vokasi yang menghasilkan lulusan bidang rekayasa perangkat lunak berstandar Nasional dan menuju reputasi Internasional pada tahun 2020”.
Misi Program Studi Sarjana Terapan Rekayasa Perangkat Lunak adalah:
- Menyelenggarakan pendidikan dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak bidang Rekayasa web dan Aplikasi mobile untuk meningkatkan daya saing yang tinggi.
- Menciptakan, mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan produk unggulan rekayasa perangkat lunak.
- Meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dalam mengatasi permasalahanpermasalahan di lingkungan internal maupun lingkungan eksternal (industri, pemerintah dan masyarakat umum).
- Melaksanakan dan mengembangkan desain dan jejaring kerjasama bidang rekayasa perangkat lunak yang berkelanjutan dengan institusi dalam dan luar negeri.
Tujuan Program Studi Sarjana Terapan Rekayasa Perangkat Lunak adalah:
Dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi yang telah ditetapkan di atas, Prodi D4 Rekayasa Perangkat Lunak memiliki tujuan sebagai berikut:
- Mewujudkan kegiatan pendidikan dan pengajaran untuk meningkatkan daya penguasaan konsep dan analisis yang tinggi dalam rangka menghasilkan sarjana terapan Rekayasa Perangkat Lunak yang memiliki keahlian bidang Rekayasa Web dan Aplikasi Mobile, dan mampu bersaing ditingkat Nasional serta menuju reputasi Internasional.
- Mengembangkan ilmu dan menghasilkan produk bidang rekayasa perangkat lunak melalui penelitian-penelitian yang inovatif dan bermanfaat.
- Menyebarluaskan ilmu dibidang rekayasa perangkat lunak kepada masyarakat luas melalui publikasi karya ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat.
- Membangun desain dan meningkatkan jejaring kerjasama dibidang rekayasa perangkat lunak dengan stakeholder dalam dan luar negeri.
Sasaran Program Studi Sarjana Terapan Rekayasa Perangkat Lunak adalah:
- Sasaran dari tujuan pertama “Mewujudkan kegiatan pendidikan dan pengajaran dalam rangka menghasilkan sarjana sains terapan Rekayasa Perangkat Lunak, memiliki keahlian bidang Rekayasa Web dan Aplikasi Mobile yang mampu bersaing ditingkat nasional dan menuju reputasi internasional” adalah:
- Pengembangan kurikulum sesuai standar KKNI serta merujuk pada ACM/Computing Curicula, IEEE/Swebok, kurikulum APTIKOM dan memperhatikan kebutuhan industri di bidang rekayasa perangkat lunak.
- Pemanfaatan teknologi informasi pembelajaran untuk mewujudkan sistem pembelajaran Student Center Learning (SCL) yang sesuai dengan karakteristik program studi.
- Penguatan sumber daya mahasiswa yang berkelanjutan berorientasi pada kualitas dan kompetensi secara hard skill dan soft skill dalam bidang rekayasa perangkat lunak.
- Penguatan sumber daya dosen yang berorientasi pada kualitas dengan cara memberikan peluang sebesar-besarnya untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi dosen.
- Penguatan kemampuan dosen dalam melaksanakan proses belajar mengajar secara professional sesuai dengan keilmuan.
- Melibatkan alumni secara aktif untuk peningkatan kurikulum dan daya saing lulusan.
- Meningkatkan kapasitas sarana dan prasarana pembelajaran dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas.
- Meningkatkan penguasaan mahasiswa terhadap teori-teori bidang rekayasa perangkat lunak.
- Menguatkan tingkat pemahaman terhadap pemecahan suatu masalah melalui project-project dengan metode-metode tertentu .
- Menguasai masalah melalui teori dan metode tertentu sebagai solusi alternatif dalam menjawab permasalahan di lingkungan rekayasa perangkat lunak.
- Sasaran dari tujuan kedua “Mengembangkan ilmu dan menghasilkan produk bidang rekayasa perangkat lunak melalui penelitian-penelitian yang inovatif dan bermanfaat” adalah:
- Melaksanakan penelitian melaui tugas akhir yang memiliki keterbaruan sesuai dengan perkembangan teknologi dan bermanfaat bagi masyarakat.
- Memperkuat mahasiswa dalam menghasilkan produk melalaui project-project untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas.
- Memperkuat kelompok penelitian dosen dalam menghasilkan karya yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat sesuai dengan perkembangan teknologi.
- Mengintegrasikan hasil penelitian kedalam proses pembelajaran dalam bentuk modul pembelajaran.
- Sasaran dari tujuan ketiga “Menyebarluaskan ilmu dibidang rekayasa perangkat lunak kepada masyarakat luas melalui publikasi karya ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat” adalah:
- Melaksanakan publikasi karya ilmiah mahasiswa melalui seminar dan publikasi jurnal.
- Menerapan hasil penelitian melalui kegiatan pengabdian masyarakat dengan melibatkan mahasiswa.
- Meningkatkan publikasi karya ilmiah dosen melalui seminar dan jurnal bereputasi nasional dan internasional.
- Sasaran dari tujuan keempat “Membangun desain dan meningkatkan jejaring kerjasama dibidang rekayasa perangkat lunak dengan stakeholder dalam dan luar negeri” adalah:
- Menjalin kerjasama dengan industri melalui program pemagangan, kuliah praktisi dan kunjungan industri.
- Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri melalui program student exchange, retooling, penelitian dan pengabdian bersama.
- Melibatkan alumni dalam penguatan kerjasama dalam dan luar negeri.
Kompetensi Lulusan
Berdasarkan Permen Dikbud Nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Pasal 5 ayat 1 disebutkan bahwa “standar kompetensi lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan”.
Lulusan dari Program Studi Sarjana Terapan Rekayasa Perangkat Lunak memiliki pemahaman tentang unsur-unsur rekayasa perangkat lunak pada lingkungan berbasis web dan mobile yang memiliki kemampuan bekerja dalam tim, semangat kerja tinggi dan berbudi pekerti luhur.
Kompetensi yang menjadi profil bagi Lulusan dari Program Studi Sarjana Terapan Rekayasa Perangkat Lunak memiliki 3 unsur yaitu Level, Spesifikasi dan Nilai (value) yang dapat dijelaskan sebagai berikut:
- Level : Pemahaman
- Spesifikasi : Rekayasa perangkat lunak pada lingkungan berbasis web dan mobile
- Value : Kemampuan bekerja dalam tim, semangat kerja tinggi dan berbudi pekerti luhur
Penjabaran Kompetensi Lulusan Program Studi Sarjana Terapan Rekayasa Perangkat Lunak adalah:
- Memiliki kemampuan menjelaskan dan menerapkan ilmu matematika dan ilmu komputer dasar sebagai basis pembangunan sebuah perangkat lunak yang berkualitas
- Memiliki kemampuan menjelaskan, menerapkan, dan memilih berbagai teori, model, teknik dan teknologi yang tepat dalam pembangunan perangkat lunak yang berkualitas pada lingkungan berbasis web dan mobile.
- Merancang solusi perangkat lunak berbasis web dan mobile dalam berbagai skala kompleksitas yang mengintegrasikan persoalan ethical, social, legal, security dan ekonomi
- Terampil menggunakan teknologi dan tools terkini dalam pembangunan perangkat lunak yang berkualitas pada lingkungan berbasis web dan mobile
- Menerapkan profesionalisme dalam berkarya sesuai dengan etika bidang Rekayasa Perangkat Lunak
- Berkomunikasi secara efektif pada berbagai kalangan baik secara lisan maupun tulisan
- Mengikuti perkembangan berbagai teknik, teknologi dan tools baru dalam bidang rekayasa perangkat lunak pada lingkungan berbasis web dan mobile
- Bekerjasama secara efektif baik sebagai anggota tim maupun pemimpin tim pada proyek pembangunan perangkat lunak
- Mengidentifikasi kebutuhan untuk menjadi seorang wirausaha dibidang perangkat lunak.