Sejarah Teknik Informatika

By: Admin Profil |  2016-05-05

Jurusan Teknik Informatika (JTI) merupakan salah satu jurusan yang ada di Politeknik Negeri Bengkalis berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 28 Tahun 2011 tentang pendirian organisasi dan tata kerja Politeknik Negeri Bengkalis (OTK Polbeng). Sebelumnya JTI merupakan salah satu program studi Teknik Informatika dari tujuh program studi yang  ada di Politeknik Bengkalis (Polbeng). Seluruh kegiatan pada JTI dipimpin oleh ketua jurusan dibantu oleh sekretaris jurusan, ketua program studi, dosen, kepala laboratorium, tenaga laboran dan staf administrasi. JTI memiliki dosen tetap sejumlah 19 orang, sebagian besar dosen tetap berusia antara 28-40 tahun memiliki pendidikan S2. Jumlah dosen S2 (16 orang) dengan beragam bidang keahlian yang mendukung proses pembelajaran berdasarkan kurikulum yang ada di JTI sedangkan 3 orang masih studi lanjut S2. Untuk mendukung kompetensi dosen intitusi telah mengikutsertakan 6 orang dosen untuk menjadi tenaga asesor uji kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sementara tenaga kependidikan JTI sejumlah 7 orang, yang terdiri dari 6 tenaga laboran dan 1 staf administrasi jurusan.

Selain mengikutsertakan dosen sebagai tenaga asesor BNSP, JTI juga memiliki 7 dosen tetap yang bersertifikat Internasional dari bidang pemograman, database (Oracle Academy). Sementara untuk bidang jaringan komputer saat ini telah memiliki 3 dosen tetap dan 1 tenaga kependidikan (laboran) yang bersertifikat Internasional dari Cisco Networking Academy. Kedua bidang tersebut saat ini telah aktif dalam kegiatan pelatihan dan uji sertifikasi yang diberikan kepada mahasiswa JTI khususnya, dan untuk umum/intansi. Selain itu juga, ada 2 orang dosen TI yang sudah mendapatkan sertifikasi Mikrotik Academy.

Setiap dosen aktif melakukan penelitian  dan pengabdian masyarakat, hal ini terbukti beberapa kegiatan dilakukan kepada masyarakat desa, sekolah, instansi pemerintah, lembaga kemasyarakatan, panti asuhan dan kegiatan lain yang langsung membantu kebutuhan masyarakat akan perkembangan dan penerapan teknologi informasi.

Share ke