TUK TI

By: Admin Profil |  2016-05-05

Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Bengkalis sudah melakukan kerjasama dengan Perusahaan Teknologi IT Berbasis Vendor. Salah satu perusahaan tersebut adalah Cisco Networking Academy dan Oracle Academy.

Kerjasama tersebut dalam rangka Persaingan dibursa tenaga kerja saat ini semakin ketat terutama dalam menyambut pasar bebas Asean pada akhir 2015 yang lalu yang disebut dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Diberlakukannya MEA merupakan tantangan dan peluang besar bagi peningkatan perekonomian Indonesia. MEA sendiri merupakan kerja sama antar negara-negara anggota ASEAN dalam mewujudkan ekonomi yang stabil di wilayah Asia Tenggara serta dapat mendorong daya saing bangsa. Dengan adanya MEA memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat.

Hal tersebut menjadi tantangan bagi perguruan tinggi terutama jurusan teknik informatika Politeknik Negeri Bengkalis yang bertugas untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dibidang teknologi informasi dan mampu bersaing dengan Negara Asean. Untuk itu Jurusan Teknik Informatika membentuk Tempat Uji Kompetensi (TUK) sebagai wadah dalam mempersiapkan tenaga SDM yang berkualitas. TUK diberinama TUK TI Berbasis vendor. Dimana, TUK tersebut dapat memberikan uji sertifikasi kepada mahasiswa dan masyarakat/perusahaan/sekolah/instansi sesuai dengan bidang minat yang diinginkan. Untuk Oracle Academy berhubungan dengan bidang pemrograman sedangkan Cisco Networking Academy bidang jaringan komputer.  

Untuk proses pelaksanaan Uji Kompetensi para peserta sebelumnya akan memperoleh pembekalan (kursus) yang akan diberikan oleh para intruktur yang telah memiliki Sertifikat Trainning of Trainner (TOT). Jenis materi Oracle Academy - Java Fundamentals yang akan diujikan pada Tes Uji Kompetensi nantinya antara lain Alice, Greenfoot dan Eclipse. Bagi mahasiswa yang lulus untuk uji kompetensi tersebut akan mendapatkan sertifikat Java Fundamental sedangkan tes Cisco akan menguji materi tentang CCNA Rounting dan Switching dan akan mendapatkan sertifikasi dari Cisco System. inc

Kontak Person : Dedi Hermawan (0852 6571 7733)

Share ke