Pedoman KP

By: Admin Profil |  2014-02-04

Kerja Praktek(KP)merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi pemahaman teori/konsep ilmu pengetahuan yang diaplikasikan dalam   pekerjaan sesuai profesi bidang studi. KP dapat menambah wacana,   pengetahuan dan skill mahasiswa, serta mampu menyelesaikan persoalan-persoalan ilmu pengetahuan sesuai dengan teori yang mereka peroleh di bangku kuliah. KP dilaksanakan agar mahasiswa dapat memahami dan menerapkan secara baik tentang bidang ilmu yang dipelajari. Selain itu, agar mahasiswa dapat mengetahui profesi serta atmosfir pekerjaan sesuai dengan  program studinya.

TUJUAN DAN MANFAAT

Kegiatan KP bertujuan sebagai berikut :

  1. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan teori/konsep  ilmu  pengetahuan  sesuai  program  studinya  yang  telah dipelajari di bangku kuliah pada suatu organisasi/perusahaan.
  2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman   praktis sesuai dengan pengetahuan dan keterampilan program studinya.
  3. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menganalisis, mengkaji teori/konsep dengan kenyataan kegiatan penerapan  ilmu  pengetahuan dan keterampilan di suatu organisasi/perusahaan.
  4. Menguji kemampuan mahasiswa Politeknik Bengkalis(sesuai  program studi terkait) dalam pengetahuan,keterampilan dan kemampuan dalam penerapan pengetahuan dan attitude/perilaku mahasiswa dalam bekerja.
  5. Mendapat umpan balik dari dunia usaha mengenai kemampuan mahasiswa dan kebutuhan dunia usaha guna pengembangan kurikulum dan   proses   pembelajaran bagi Politeknik Bengkalis (sesuai   dengan program studi terkait)

Sedangkan  manfaat  kegiatan KP bagi  mahasiswa dan Politeknik  Bengkalis yaitu :

  1. Mahasiswa mendapat kesempatan untuk menerapkan ilmu pengetahuan  teori/konsep dalam dunia pekerjaan secara nyata.
  2. Mahasiswa  memperoleh  pengalaman  praktis  dalam  menerapkan  ilmu pengetahuan teori/konsep sesuai dengan program studinya.
  3. Mahasiswa memperoleh kesempatan untuk dapat menganalisis masalah yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diterapkan dalam pekerjaan sesuai dengan program studinya.
  4. Politeknik Bengkalis memperoleh umpan balik dari organisasi/perusahaan terhadap kemampuan mahasiswa yang mengikuti KP di dunia pekerjaannya.
  5. Politeknik Bengkalis memperoleh  umpan  balik  dari  dunia pekerjaan guna pengembangan kurikulum dan proses pembelajaran.

Sebagai catatan: Lakukan kominikasi (email dan telepon) dengan baik dan aktif bersama dosen Pembimbing KP di Kampus dan Pembimbing KP dilapangan supaya apa yang ditarget dapat tercapai dengan baik.

Kelengkapan Dokumen KP dapat di unduh disini

 

Share ke