Dosen D-III Teknik Informatika Mengikuti Retooling di Koreatech University, Cheonan, Korea Selatan

Oleh: Administrator Berita |  2018-12-03

Dalam rangka pelaksanaan Program Revitalisasi Pendidikan Tinggi Vokasi, untuk mewujudkan pendidikan tinggi vokasi yang link and match dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Ditjen Kelembagaan, Iptek, dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan Program Beasiswa Retooling Kompetensi Vokasi Dosen Pendidikan Tinggi Vokasi Tahun 2018 Semua dosen PTN dan PTS mempunyai kesempatan memperoleh kegiatan tersebut. Beberapa dosen Politeknik Bengkalis juga memperoleh kesempatan ikut berpartisipasi dalam program tersebut salah satunya jurusan teknik informatika yang pada tahun ini memperoleh kesempatan mengikuti kegiatan tersebut dengan tiga orang dosen, dua orang dosen ke singapura dan 1 orang dosen ke korea.

Tahun 2018 ini, M.Nasir berhasil meraih beasiswa Retooling kompetensi pendidikan tinggi bagi dosen vokasi dari Kemenristekdikti selama tiga bulan di Koreatech University, Cheonan, Korea Selatan. Pada program beasiswa tersebut, nasir dan peserta lainnya mendapatkan pelatihan (training) dari trainer berkompeten yang ada di Koreatech di Bidang Internet of Things (IoT).

Teknologi IoT adalah konsep perangkat yang mampu mentransfer data tanpa perlu terhubung dengan manusia, melainkan internet sebagai medianya. Sederhananya manusia tidak perlu mengontrol benda/perangkat IoT tersebut secara langsung. Melainkan manusia bisa mengontrol benda tersebut dari jarak jauh dengan smartphone masing masing. Saat ini sudah banyak bidang-bidang pekerjaan atau alat-alat rumah tangga bahkan pemerintahan yang menjadikan IoT sebagai teknologi. Bahkan dibeberapa negara maju sudah memiliki kota pintar atau smart city yang cukup berkembang pesat.

Share ke