Jurusan TI: Audit Kelengkapan Dokumen Laboratorium

Oleh: Administrator Berita |  2017-04-28

Jurusan Teknik Informatika (TI) kembali melakukan Audit Kelengkapan Dokumen Laboratorium Komputer yang dilakukan pada tanggal 28 April 2017 di Ruangan Jurusan TI. Audit tersebut dilakukan oleh Ketua dan Sekretaris Jurusan serta dibantu oleh staf administrasi jurusan. Kegiatan ini dilaksanakan per semester dan akan menghasilkan laporan penggunaan laboratorium selama satu semester. Kegiatan tersebut dilakukan dua kali, pertama pengecekan kelengkapan dokumen sebelum finalisasi, kedua pengecekan finalisasi laporan akhir penggunaan laboratorium komputer. Audit tersebut bermanfaat untuk membantu tenaga laboran dalam membuat laporan akhir penggunaan laboratorium yang harus didokumentasikan secara periodik. Adapun tujuan audit kelengkapan internal laboratorium, antara lain: 

  • Identifikasi ketidaksesuaian sedini mungkin sehingga dapat dilakukan tindakan perbaikan dan mencegah terulangnya kembali kesalahan yang serupa;
  • Identifikasi kesempatan peningkatan sistem manajemen mutu dengan menghindari:
    • Penyimpangan/ketidaksesuaian yang tidak perlu terjadi
    • Persyaratan yang sudah tidak berlaku namun tetap diterapkan di laboratorium;
    • Kegiatan yang tidak efektif dan efisien namun tetap dipelihara; dan  
    • Memberikan jaminan kepada manajemen laboratorium untuk dapat melengkapi dokumen laboratorium.

Jurusan TI memiliki laboratorium sebanyak 7 yaitu Laboratorium Pembelajaran Multimedia, Komputer Dasar, Sistem Cerdas, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Lanjut, Sistem Informasi & Database, dan Laboratorium Jaringan Komputer & Informasi. Dari jumlah tersebut perlu dilakukan pengecekan tentang keseragaman format yang digunakan oleh semua tenaga laboran dalam melakukan pengelolaan laboratorium untuk mengoptimalkan proses tri dharma perguruan tinggi. Kedepan Jurusan TI berharap agar semua laboratorium komputer yang ada dapat memenuhi standar ISO/IEC 17025.

Share ke