Workshop Game Development Menggunakan Software Unity Untuk Meningkatkan Kompetensi Tenaga Laboran TI

Oleh: Mansur Berita |  2017-03-25

Jurusan Teknik Informatika (TI) Polbeng, kembali mengadakan kegiatan worskhop Unity dengan Tema "Game Development Menggunakan Software Unity Untuk Meningkatkan Kompetensi Laboran Teknik Informatika". Kegiatan tersebut dilakukan pada tanggal 24 - 27 maret 2017 dengan pembicara Cahya Miranto, S.Tr.Kom Dari Politeknik Negeri Batam. Jumlah peserta 11 orang terdiri dari 6 Tenaga Laboran, 2 Dosen (D3 Teknik Informatika dan D4 Rekayasa Perangkat Lunak), 2 orang panitia dan 1 orang mahasiswa yang mengerjakan Tugas Akhir berhubungan dengan penggunaan software unity tersebut. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Jurusan.

Software Unity 3D salah satu software game engine yang berbasis cross-platform. Unity dapat digunakan untuk membuat sebuah game, animasi, dan lainya yang mampu dipakai pada perangkat komputer, smartphone, iPhone, PS3, dan bahkan X-BOX. Unity juga dapat digunakan untuk Game melalui PC dan Online. Untuk games Online diperlukan sebuah plugin, yaitu Unity Web Player, sama halnya dengan Flash Player pada Browser. Fitur scripting yang disediakan, mendukung 3 bahasa pemrograman yaitu JavaScript, C#, dan Boo.

Dalam proses pelaksanaan workshop semua peserta sangatlah atusias dalam mengikuti dan menyelesaikan studi kasus sesuai tahapan yang telah disepakati bersama. Supaya lebih terarah peserta workhop diarahkan untuk mengerjakan Game sederhana mulai dari awal sampai game tersebut selesai dibuat.

Setelah selesai workshop tersebut, Ketua Jurusan TI Polbeng berharap kepada seluruh peserta terutama tenaga laboran yang sesuai dengan bidang kompetensi untuk dapat mengembangkan diri dan banyak berinovasi dibidangnya sehingga tenaga laboran kedepan dapat melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat bersama dosen. Selain itu, Tenaga Laboran memiliki peluang lebih untuk belajar dan terus belajar menuju Tenaga Laboran yang Produktif dan Inovatif.

Share ke